Penyakit kutil kelamin wanita merupakan salah satu gejala yang muncul karena adanya indikasi infeksi menular seksual. Kutil kelamin muncul akibat virus human papillomavirus atau HPV. Virus yang menyerang ini adalah HPV tipe 6 dan 11 dan bisa menyebabkan kanker serviks pada wanita. Penularan virus HPV biasanya terjadi melalui hubungan seksual, baik secara vaginal, oral, dan anal.

Tak hanya itu, virus yang menjadi penyebab penyakit kutil kelamin wanita ini dapat menular pada bayi yang baru lahir. Hal ini terjadi karena bayi terinfeksi oleh virus sejak sebelum lahir atau saat proses persalinan dari ibu yang menderita penyakit kutil kelamin. Virus dapat menyerang siapa saja sehingga mengakibatkan penyakit kutil kelamin wanita dan juga pria. Namun, pada umumnya wanita lebih rentan terkena penyakit ini.

Faktor Risiko yang Menyebabkan Kutil Kelamin


Penyebab penyakit kutil kelamin wanita selain virus adalah pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang dimaksud adalah kebiasaan sering berhubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan seksual. Jika kebiasaan ini terus dibiarkan, maka dapat menimbulkan masalah lain yang lebih serius. Beberapa faktor risiko yang berpotensi mengakibatkan kutil kelamin, antara lain:

• Memiliki riwayat infeksi menular seksual sebelumnya.
• Aktif secara sekual sejak usia muda atau remaja.
• Tidak menggunakan pengaman atau kondom ketika berhubungan seks.
• Melakukan hubungan intim dengan seseorang yang tidak jelas riwayat seksualnya.

Baca juga: Penyembuhan Ampuh Pada Kutil Kelamin Gatal

 

Gejala Umum Pada Penyakit Kutil Kelamin

Tanda atau gejala pada penyakit kutil kelamin wanita akan muncul di bagian paha atas, vulva, dinding organ kelamin, saluran anus, dan leher rahim. Munculnya gejala ini disebabkan karena area lembab dan mudah basah, seperti daerah organ kelamin menjadi tempat yang nyaman bagi virus untuk berkembang biak. Beberapa gejala penyakit kutil kelamin wanita , dapat berupa:

• Muncul bengkak di daerah sekitar organ kelamin.
• Adanya rasa gatal dan tidak nyaman di daerah kemaluan.
• Hubungan seksual sering disertai dengan pendarahan.
• Kutil muncul secara bergerombol menyerupai kembang kol.

Cara Mendiagnosis Kutil Kelamin Pada Wanita


Diagnosis pada penyakit kutil kelamin biasanya diawali dengan pemeriksaan fisik. Kutil yang tumbuh dan berkembang di dalam organ tubuh wanita harus dilakukan pemeriksaan terhadap panggul. Untuk membantu melihat kutil dengan lebih jelas, dokter akan memberikan larutan asam ringan pada daerah yang terinfeksi. Pengambilan sampel darah biasanya juga akan dilakukan untuk mendapatkan sel-sel dari leher rahim. Sampel yang diambil ini dijadikan sebagai acuan ada tidaknya virus HPV.

Bahaya yang Mungkin Muncul Akibat Kutil Kelamin

Penyakit kutil kelamin wanita yang dibiarkan tanpa penanganan tepat akan menimbulkan munculnya komplikasi penyakit tertentu. Dalam beberapa kasus, kondisi fisik juga bisa menjadi penyebab penyakit kutil kelamin. Kondisi fisik yang dimaksud, antara lain kencing nanah atau diabetes mellitus, memiliki sistem imun yang lemah, dan seringnya berkeringat karena faktor stres. Karena itu, komplikasi yang mungkin terjadi pada penderita kutil kelamin, dapat berupa:

• Kanker serviks

Pada umumnya, kanker serviks berkaitan dengan infeksi HPV pada organ kelamin. Sebab itu, virus HPV juga berhubungan dengan beberapa jenis kanker, seperti kanker vulva, kanker anus, kanker serviks, dan kanker mulut atau tenggorokan. Jika komplikasi sudah muncul, para wanita disarankan untuk melakukan penanganan dan pemeriksaan diri secara rutin.

• Infeksi pada kehamilan

Wanita yang sedang hamil dapat terganggu kesehatannya jika menderita penyakit kutil kelamin. Kutil yang semakin membesar pada seorang ibu hamil akan menyebabkan sulitnya buang air kecil. Selain itu, kutil yang terdapat di dinding organ kelamin bisa mengurangi kemampuan pada jaringan untuk meregang saat proses melahirkan.

Bagaimana Penanganan yang Dapat Dilakukan?


Penyakit kutil kelamin pada wanita dapat ditangani dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Penanganan yang benar dapat membantu Anda dalam menyembuhkan kutil kelamin tanpa bantuan dokter. Beberapa cara menangani masalah penyakit kutil kelamin pada wanita, antara lain:

• Gunakan pengaman

Penggunaan pengaman atau kondom biasanya menjadi tahap pencegahan terhadap penularan infeksi seksual. Namun, hal ini juga bisa menjadi upaya penanganan agar bakteri tidak semakin menyebar serta mengurangi risiko penularan kutil kelamin.

• Rutin berendam

Penanganan kutil kelamin paling mudah dapat dimulai dengan berendam dalam air hangat secara rutin. Penderita kutil kelamin diharuskan untuk duduk di dalam air hangat selama 10 sampai 15 menit setiap harinya.

• Keringkan area genital

Area sekitar organ kelamin dapat dikeringkan dengan menggunakan alat-alat berupa lampu panas atau pengering rambut. Proses pengeringan bertujuan untuk menghindari daerah organ kelamin menjadi lembab. Anda bisa memegang alat pengering sejauh 40 cm dari kulit dan lakukan pengeringan setelah buang air kecil atau seusai mandi.

Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Gracia


Segera lakukan konsultasi mengenai masalah kutil kelamin dengan Klinik Utama Gracia. Klinik ini merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin. Anda bisa menghubungi hotline Kami di nomor 081336361555 untuk informasi lebih lanjut. Kutil kelamin dapat sembuh jika melakukan penanganan dengan benar dan cepat. Karena itu, segera hubungi Klinik Utama Gracia untuk penanganan penyakit kelamin lainnya.

Baca juga: Kutil Kelamin adalah Infeksi Menular, Benarkah?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.