Herpes kelamin pada wanita biasanya menyebabkan masalah keputihan. Umumnya, herpes kelamin yang menyerang kaum wanita terjadi karena penularan infeksi virus melalui kontak seksual. Infeksi berasal dari virus HPV atau human papillomavirus dan bisa juga ditularkan karena melakukan ciuman dengan penderita herpes atau memiliki lebih dari satu pasangan seksual.

Herpes merupakan penyakit infeksi menular seksual yang muncul di bagian tubuh manapun, namun paling sering berada di daerah mulut dan sekitar organ kelamin. Penyakit ini kadang tidak memiliki gejala yang pasti, namun kutil pada sekitar organ kelamin bisa menjadi satu-satunya tanda. Infeksi virus yang menyebabkan penyakit herpes akan mengakibatkan luka di sekitar mulut dan organ kelamin penderitanya.

Gejala dari Wabah Herpes Kelamin


Gejala atau tanda dari penyakit herpes kelamin pada wanita dibedakan berdasarkan tahapan infeksi yang muncul. Biasanya, gejala penyakit herpes kelamin berbeda sesuai dengan tingkat keparahan tahap infeksi yang sedang diderita. Beberapa gejala dari wabah herpes kelamin, antara lain:

• Tahap Primer

Gejala pada tahap primer diawali dengan blister atau lepuhan kulit berukuran kecil dan sangat menyakitkan. Blister ini berisi cairan berwarna bening dan jika pecah akan menyebabkan luka terbuka pada kulit. Hal ini mengakibatkan muncul kemerahan di sekitar daerah lepuhan.

• Tahap Laten

Pada tahapan ini, gejala herpes kelamin pada wanita atau pria adalah luka yang sudah mengering atau biasa disebut koreng. Namun, sebenarnya virus sedang menyebar ke dekat saraf tulang belakang melalui kulit saat memasuki tahap laten.

• Tahap Peluruhan

Gejala yang muncul pada tahap ini adalah keluarnya cairan dari organ kelamin yang berbentuk seperti semen dan lendir. Hal ini terjadi karena virus herpes sudah mulai berkembang biak pada ujung-ujung saraf di organ tubuh.

• Tahap Rekurensi

Tahap rekurensi atau biasa diketahui sebagai masa munculnya kembali gejala awal, yaitu blister. Gejala pada tahapan ini tidak separah lepuhan sebelumnya, namun akan muncul rasa gatal, kesemutan, dan nyeri di daerah yang terinfeksi pada tahap awal atau primer.

Baca juga: Penyembuhan Ampuh Pada Kutil Kelamin Gatal

 

Bagaimana Penularan Penyakit Herpes Kelamin

Penularan penyakit herpes kelamin pada wanita ataupun pria dikarenakan infeksi herpes simplex virus tipe 1 dan herpes simplex virus tipe 2. Pada virus herpes tipe 1 biasanya menyebabkan penyakit herpes kelamin pada wanita karena melakukan hubungan seksual secara oral atau dari mulut ke organ kelamin. Virus ini dapat ditularkan penderita ke orang lain lewat ciuman, berbagi peralatan makan, dan penggunaan kosmetik secara bergantian.

Sementara, herpes tipe 2 merupakan virus penyebab herpes genital atau gejala muncul di daerah sekitar kelamin. Virus ini dapat ditularkan melalui kontak atau sentuhan langsung dengan luka penderita herpes dan juga melakukan hubungan seksual. Penyakit herpes pada wanita hamil dapat menular pada bayi yang sedang dikandungnya karena melakukan proses persalinan secara normal.

Adakah Bahaya Herpes Kelamin Pada Wanita?

Penyakit herpes kelamin yang dibiarkan tanpa penanganan tepat akan menimbulkan bahaya atau komplikasi lebih serius. Komplikasi akan muncul lebih parah jika penderita herpes juga mengidap penyakit HIV. Karena itu, penanganan herpes kelamin pada wanita harus dilakukan dengan segera dan tepat. Beberapa komplikasi atau bahaya pada herpes kelamin dapat berupa:

• Peradangan pada otak dan selaputnya.
• Muncul peradangan pada paru-paru.
• Hepatitis atau peradangan pada hati.
• Esofagitis atau peradangan pada esofagus.
• Kematian jaringan pada retina mata.

Cara Mendiagnosis Penyakit Herpes Kelamin

Cara dokter mendiagnosis penyakit herpes adalah melakukan tes laboratorium dengan mengambil beberapa sampel dari luka lepuh. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi apa infeksi yang terjadi disebabkan oleh virus herpes simpleks. Tes ini juga berguna untuk mengetahui adanya infeksi menular seksual lainnya di dalam tubuh.
 
Pemeriksaan bisa dilakukan bersama dokter umum, namun untuk diagnosis lebih lengkap Anda bisa melakukan tes bersama dokter ahli. Pada diagnosis penyakit herpes, dokter juga menyarankan untuk melakukan tes darah. Tes darah bertujuan untuk melihat jenis virus herpes simplex yang Anda miliki. Untuk mendapatkan diagnosis akurat, dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan berupa:

• Kultur

Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara mengusap area kulit di daerah sekitar organ kelamin yang terinfeksi. Dokter akan mengambil cairan dari organ kelamin atau cairan tubuh lainnya dan kemudian diperiksa di laboratorium.

• Tes Antibodi

Tes antibodi bertujuan untuk mendeteksi adanya infeksi primer herpes kelamin. Tes ini diawali dengan pengambilan sampel darah dari tubuh penderita herpes yang kemudian akan dianalisis di lab guna melihat keberadaan antibodi.

Penanganan yang Dapat Dilakukan


Penanganan herpes kelamin baik pada wanita maupun pria difokuskan pada penyembuhan blister atau luka lepuh. Dokter akan memberikan obat-obatan antivirus guna mengurangi gejala dan menghentikan munculnya komplikasi akibat herpes. Obat yang diresepkan dokter biasanya berupa antivirus untuk mengurangi gejala yang dialami. Anda juga dapat mengikuti tips penanganan selama masa penyembuhan penyakit herpes kelamin pada wanita, seperti:

• Konsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol.
• Kompres area yang terinfeksi dengan air hangat.
• Gunakan pakaian yang berbahan dasar katun.
• Kenakan pakaian longgar dan nyaman.
• Usahakan koreng tetap kering dan selalu bersih.

Virus herpes yang menyerang ibu hamil harus segera melakukan konsultasi bersama dokter ahli. Hal ini berguna untuk mengetahui penanganan yang tepat dilakukan agar bayi yang dikandung tidak tertular. Wanita hamil yang sedang atau pernah menderita penyakit herpes harus berdiskusi dengan dokter mengenai kemungkinan bayi yang dilahirkan secara Caesar.

Penanganan herpes kelamin pada wanita bisa Anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik ini dilengkapi dengan peralatan modern dan ruangan pemeriksaan yang nyaman. Anda akan mendapatkan perawatan terbaik bersama dokter ahli yang telah berpengalaman di bidangnya. Segera lakukan konsultasi secara online atau hubungi hotline Kami di homor 081336361555 guna mengetahui informasi lebih lanjut.

Baca juga: Cara Pencegahan Pada Bahaya Herpes Genital

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.