Apakah Anda tahu apa efek kencing nanah jika dibiarkan begitu saja? Kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular seksual yang paling sering menyerang uretra atau saluran kemih. Penyakit ini juga dapat menginfeksi bagian tubuh lain, seperti dubur, mata, dan juga tenggorokan. Kencing nanah atau gonore bisa diderita oleh wanita maupun pria dari segala golongan usia. Karena itu, penyebaran virus menjadi sangat mudah dan cukup tinggi.

Penyakit gonore atau kencing nanah pada wanita biasanya menyerang bagian serviks atau leher rahim. Selain itu, bayi juga bisa terinfeksi saat proses persalinan normal pada ibu yang mengidap penyakit tersebut meskipun kemungkinannya kecil. Umumnya, virus akan menyebabkan infeksi pada mata bayi dan dapat berpotensi besar mengakibatkan kebutaan secara permanen.

Bagaimana Bakteri Kencing Nanah dapat Menular?


Kencing nanah atau gonore adalah penyakit yang menular melalui hubungan seksual, baik seks oral atau anal, menggunakan mainan seks yang telah terkontaminasi, dan tidak memakai pengaman atau kondom saat berhubungan intim. Penyebab utama munculnya penyakit kencing nanah adalah karena infeksi oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae yang biasanya ditemukan pada cairan di organ kelamin.

Bakteri ini melekat dan menghancurkan selaput lendir yang terdapat pada organ kelamin, liang dubur, selaput lendir mata, dan tenggorokan. Meskipun berbahaya, bakteri ini tidak bisa hidup terlalu lama di luar tubuh manusia sehingga penularannya tidak mudah. Bakteri tidak akan menular karena menggunakan dudukan toilet yang sama, memakai peralatan makan secara bergantian, berbagi handuk, berada di kolam renang yang sama, pelukan, dan juga ciuman.

Baca juga:  Kutil Kelamin adalah Infeksi Menular, Benarkah?

 

Apa Saja Gejala Pada Penyakit Kencing Nanah?

Kebanyakan penderita kencing nanah tidak merasakan adanya gejala yang muncul sehingga penularan sering tidak disadari. Selain itu, gejala kencing nanah pada pria lebih mudah dikenali dibanding wanita. Hal ini menyebabkan para wanita sering keliru dan menganggapnya sebagai penyakit infeksi saluran kemih biasa. Namun, gejala umum yang dirasakan berupa sakit dan perih ketika buang air kecil dan disertai dengan keluarnya cairan kental seperti nanah. Ada pula perbedaan gejala antara pria dan wanita, antara lain:

1. Pada pria
 
Gejala kencing nanah atau gonore pada pria lebih terlihat dan mudah dikenali. Penyakit yang tidak segera ditangani akan menyebabkan epididimitis dan pada akhirnya mengakibatkan infertilitas atau kemandulan. Selain itu, efek kencing nanah pada pria akan menyebabkan munculnya jaringan parut di uretra, mempengaruhi prostat, dan sulitnya buang air kecil. Beberapa gejala kencing pada pria adalah sebagai berikut.

• Iritasi dan keluarnya cairan dari anus.
• Testis mengalami pembengkakan.
• Muncul rasa terbakar dan nyeri saat BAK.
• Pembengkakan pada kelenjar di tenggorokan.
• Keluarnya cairan putih atau kuning dari kelamin.

2. Pada wanita

Efek kencing nanah pada wanita dapat menyebabkan penyakit radang panggul. Penyakit ini akan mengakibatkan rusaknya tuba falopi atau saluran yang menghubungkan ovarium ke rahim. Penyakit kencing nanah yang tidak segera diobati bisa meningkatkan risiko terjadinya kehamilan ektopik, yaitu suatu kondisi dimana sel telur dibuahi dan berkembang di luar rahim. Gejala umum yang dirasakan wanita penderita kencing nanah dapat berupa:

• Nyeri dan sakit pada bawah tubuh atau panggul.
• Pendarahan di luar masa menstruasi.
• Luka seperti terbakar pada tenggorokan.
• Pembengkakan pada kelenjar di tenggorokan.
• Mengalami perubahan warna cairan dari kelamin.
• Keluarnya cairan berwarna kuning dan berbau.
• Munculnya sensasi perih dan terbakar saat BAK.

Beberapa Bahaya atau Efek Kencing Nanah


Efek kencing nanah yang paling berbahaya adalah adanya komplikasi, seperti berkurangnya kesuburan dan berdampak pada organ reproduksi. Pada pria, efek kencing nanah akan menyebabkan infeksi pada testis dan kelenjar prostat. Sementara pada wanita, efek kencing nanah yang dibiarkan akan mengakibatkan sakit pada tulang panggul jangka panjang. Infeksi yang tidak segera ditangani akan menyebar melalui darah dan muncul bahaya komplikasi berupa:

• Iritasi pada kulit hingga mengakibatkan kemerahan.
• Munculnya radang dan pembengkakan pada persendian.
• Peradangan pada otak, saraf tulang belakang, serta jantung.

Cara Mendiagnosis Adanya Penyakit Kencing Nanah

Cara mendiagnosis penyakit kencing nanah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Biasanya, dokter akan melakukan pengujian terhadap sampel cairan dari organ kelamin penderita guna mengetahui faktor penyebabnya. Pada penderita wanita, dokter akan mengambil sampel cairan dengan cutton bud atau menggunakan tampon. Sementara pada pria, pengambilan sampel hanya menggunakan urin atau cairan yang keluar di ujung kelamin menggunakan cutton bud.

Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan


Penanganan yang dilakukan dokter pada efek kencing nanah lanjutan biasanya dengan pemberian obat antibiotik. Anda dan pasangan harus melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab infeksi berasal. Obat antibiotik yang diberikan berupa satu kali suntikan dan diikuti dengan konsumsi satu tablet antibiotik. Gejala kencing nanah atau gonore akan mereda setelah beberapa hari setelah penanganan dilakukan.

Namun, jika sudah menyebabkan masalah yang lebih serius biasanya memakan waktu dua minggu untuk sembuh secara total. Gejala lain, seperti pedarahan akan membaik dan siklus menstruasi kembali normal seperti biasa. Selama masa penanganan, Anda dan pasangan disarankan untuk menunda melakukan hubungan sekusal guna menghindari penularan dan munculnya infeksi lainnya.

Pemeriksaan lanjutan akan dilakukan oleh dokter ahli untuk melihat apakah infeksi dan efek kencing nanah sudah hilang sepenuhnya. Anda dapat melakukan perawatan dengan dokter spesialis yang telah ahli serta berpengalaman di Klinik Utama Gracia. Klinik ini dilengkapi dengan peralatan canggih dan modern sehingga penyakit dapat ditangani secara cepat. Segera hubungi hotline Kami di nomor 081336361555 dan lakukan konsultasi bersama staf medis terbaik.

Baca juga:  Pahami Penyebab Kencing Nanah Pada Laki-Laki

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.