Kutil kelamin adalah penyakit yang muncul menyerupai benjolan kecil di sekitar organ kelamin dan dubur. Penyakit ini dapat dialami baik pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Kutil kelamin dapat menyebar melalui hubungan seksual secara vaginal ataupun oral. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menular karena adanya sentuhan dengan organ kelamin penderitanya.

Penyebaran kutil kelamin adalah karena penggunaan alat bantu seks secara bersamaan. Selain itu, penyakit ini juga dapat menular dari ibu penderita kutil kelamin ke bayi yang baru dilahirkan. Meskipun begitu, kutil kelamin tidak menular karena melakukan ciuman atau melalui media tertentu, seperti peralatan makan, handuk, dan penggunaan toilet duduk.

Penjelasan Umum Penyakit Kutil Kelamin


Pengertian kutil kelamin adalah salah satu gejala paling umum yang mengindikasikan seseorang menderita penyakit akibat infeksi menular seksual. Kutil kelamin biasanya terjadi karena adanya infeksi HPV atau human papillomavirus di dalam tubuh. Virus ini akan mengakibatkan munculnya gejala berupa benjolan daging kecil berwarna merah dan bergerombol berbentuk kembang kol.

Dalam beberapa kasus, wanita lebih rentan menderita penyakit ini. Rentannya seseorang untuk menderita kutil kelamin karena beberapa faktor, seperti melakukan hubungan dengan lebih dari satu pasangan, aktif secara seksual sejak remaja, dan pernah memiliki riwayat penyakit seksual sebelumnya. Kutil kelamin akibat dari infeksi virus HPV sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker serviks dan vulva.

Baca juga:  Cara Pencegahan Pada Bahaya Herpes Genital

 

Beberapa Penyebab Kutil Pada Kelamin

Virus HPV merupakan penyebab utama seseorang menderita penyakit kutil kelamin. HPV memiliki lebih dari 120 jenis virus, namun hanya 30 sampai 40 virus yang menular lewat kontak seksual. Beberapa virus yang menyebabkan kutil kelamin pada manusia adalah HPV tipe 6 dan tipe 11. Faktor penyebab lainnya dari penyakit kutil kelamin adalah karena seringnya melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda tanpa menggunakan pengaman atau kondom. Selain itu, penyebab kutil kelamin lainnya dapat berupa:

• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Kehamilan pada wanita.
• Kebiasaan merokok.
• Pernah mengalami kekerasan seksual.

Gejala-Gejala Utama Munculnya Kutil Kelamin

Kutil kelamin dapat muncul secara tunggal dan berkelompok dengan struktur seperti kembang kol. Tak jarang, kutil kelamin berukuran sangat kecil dan berwarna serupa dengan kulit atau sedikit lebih gelap. Gejala ini tidak begitu terlihat sehingga menyulitkan penderitanya untuk mendeteksi adanya penyakit ini. Meskipun begitu, kutil kelamin akan menujukkan tanda umum, seperti rasa gatal serta tidak nyaman di sekitar organ kelamin, nyeri, dan pendarahan ketika melakukan hubungan seksual. Benjolan yang muncul dapat tumbuh di daerah berbeda pada penderita pria dan wanita.
 
Kutil kelamin yang diderita para pria biasanya menginfeksi daerah ujung atau batang kelamin, kantung buah zakar, paha atas, area selangkangan, dan sekitar anus. Sementara itu, kutil kelamin pada wanita dapat tumbuh di daerah antara organ kelamin dan anus, dinding organ kelamin, vulva, leher rahim, serta didalam organ kelamin atau dalam anus. Tak hanya itu, kutil kelamin bisa muncul di lidah, mulut, bibir, serta tenggorokan sebagai akibat dari melakukan seks oral dengan penderita kutil kelamin.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Ini?

Diagnosis penyakit kutil kelamin adalah dengan melihat gejala yang dirasakan pasiennya. Gejala yang tampak jelas dengan kasat mata bisa langsung diperiksa guna melihat penyebab penyakit. Namun, jika benjolan tidak dapat dijangkau mata maka penanganan lanjutan harus dilakukan. Beberapa pemeriksaan lebih lanjut untuk mendiagnosis kutil kelamin, antara lain:


• Kolposkopi

Umumnya, pemeriksaan pada penderita kutil kelamin adalah menggunakan kolposkop atau mikroskop yang dilengkapi lampu guna melihat sel-sel di dalam serviks. Dokter biasanya akan mengoleskan cairan khusus untuk memudahkan area serviks lebih terlihat jelas. Dalam pemeriksaan ini, pasien disarankan untuk membuka organ kelamin menggunakan spekulum atau cocor bebek.

• Pap Smear

Sama seperti kolposkopi, pemeriksaan kutil kelamin adalah dengan pap smear atau alat khusus yang disebut spekulum. Alat ini berguna untuk melihat bagian dalam organ kelamin hingga ke dalam leher rahim atau serviks. Pap smear dapat membantu dokter mendeteksi keberadaan sel abnormal melalui pemeriksaan laboratorium dengan mengambil beberapa sampel sel.

• Tes HPV

Virus HPV memiliki kemungkinan besar menyebabkan kanker pada leher rahim. Karena itu, dokter biasanya akan melakukan tindakan berupa tes HPV. Tes yang dilakukan pada penderita kutil kelamin adalah untuk mengetahui adanya infeksi virus yang menyebabkan munculnya kanker leher rahim pada kutil kelamin.


Kutil Kelamin, Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan

Penanganan penyakit kutil kelamin adalah dengan mengonsumsi obat sesuai resep dokter atau melalui prosedur bedah. Obat yang diberikan dokter berguna untuk mengurangi rasa gatal, nyeri, dan sensasi terbakar pada organ kelamin. Obat ini biasanya berbentuk krim atau salep, namun dapat mengakibatkan beberapa efek samping berupa iritasi pada kulit. Selain itu, jika gejala tak kunjung hilang dan semakin parah maka prosedur bedah dapat menjadi pilihan, yaitu:
 
• Eksisi, merupakan prosedur bedah dengan melakukan pemotongan kutil menggunakan pisau bedah. Efek samping yang ditimbulkan dapat berupa nyeri yang muncul pasca operasi.
 
• Electrocautery, adalah metode bedah dengan menggunakan listrik sebagai media guna membuang jaringan abnormal pada kulit. Tindakan ini dilakukan untuk menghentikan pendarahan setelah operasi atau mencegah munculnya infeksi.
 
• Krioterapi, dilakukan menggunakan nitrogen cair dengan suhu minus 195 derajat celcius. Terapi ini berguna untuk menghilangkan kutil pada kulit yang berukuran kecil dan biasanya akan hilang setelah 3 sampai 4 kali krioterapi.
 
• Laser, merupakan prosedur bedah yang dilakukan dengan mengangkat kutil lalu menghancurkan pembuluh darah dalam kutil tersebut. Laser ini juga berguna untuk membunuh virus penyebab munculnya penyakit kutil kelamin.

Konsultasikan dengan Klinik Utama Gracia


Anda dapat melakukan konsultasi mengenai masalah kutil kelamin dengan dokter ahli serta berpengalaman di Klinik Utama Gracia. Klinik Utama Gracia merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Perawatan terbaik akan Anda dapatkan di klinik ini karena dilengkapi dengan peralatan modern. Segera lakukan konsultasi secara online dan gratis melalui hotline Kami di nomor 081336361555 .

Baca juga:  Apa Itu Jengger Ayam? Apasajakah Ciri-Cirinya?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
 
Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.