Penyakit IMS atau infeksi menular seksual merupakan penyakit yang biasanya ditularkan karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Penyebaran penyakit IMS bisa melalui darah, sperma, dan berbagai cairan dari tubuh lainnya. Selain itu, ibu yang sedang mengandung dan positif menderita penyakit IMS dapat menular pada bayinya. Risiko tersebarnya infeksi bisa terjadi pada pemakaian jarum suntik secara bergantian dengan beberapa orang.

Perilaku seks bebas menjadi faktor pemicu utama menularnya penyakit infeksi menular seksual ini. Faktor risiko penularan dapat berupa karena heteroseksual, pemakaian jarum suntik, dan homoseksual. Penyakit ini sangat mudah ditularkan melalui perilaku selalu bergonta ganti pasangan sehingga bisa juga menyebabkan seseorang mengalami kemandulan.

Beberapa Penyebab Munculnya Penyakit IMS


Penyakit IMS dapat dibedakan ke dalam tiga kelompok besar, yaitu IMS karena peradangan, IMS akibat dari erosi, dan penyakit lainnya. Penyebab peradangan pada IMS yang sering dijumpai adalah karena bakteri, jamur, dan parasit. Sementara itu, IMS yang terjadi karena erosi atau iritasi disebabkan oleh adanya infeksi dari virus. Penyakit infeksi menular seksual dapat dibedakan sesuai penyebabnya, antara lain :

• Peradangan akibat bakteri dapat memunculkan penyakit vaginosis bakterial, gonore atau kencing nanah, dan klamidia.
• Peradangan akibat jamur biasanya menimbulkan adanya penyakit kandidiasis vagina.
• Peradangan yang disebabkan oleh parasit akan memunculkan penyakit trikomoniasis.
• IMS akibat erosi atu iritasi adalah penyakit sifilis atau raja singa, dan herpes kelamin.
• Penyakit lain karena IMS dapat berupa kutil kelamin dan kutu kemaluan.

Penyakit IMS juga bisa menyerang sistem kekebalan tubuh karena serangan virus atau biasanya disebut HIV. Penyakit seksual menular sangat berbahaya jika dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan tepat. Karena itu, Anda harus segera melakukan perawatan bila gejala penyakit ini sudah mulai tampak secara perlahan.

Baca Juga : 4 Dampak Buruk Dan Akibat Kencing Nanah Tidak Di Obati

 

Apa Saja Gejala Penyakit IMS?

Gejala penyakit IMS yang diderita baik pria maupun wanita sering kali tidak disadari. Namun, perlu Anda ketahui bahwa terdapat 3 gejala atau ciri yang menjadi patokan utama untuk menilai ada tidaknya infeksi menular seksual dalam tubuh. Penyakit infeksi menular seksual dapat Anda kenali dari beberapa gejala di bawah ini :


• Cairan Tubuh

Gejala penyakit IMS dapat ditandai dengan keluarnya cairan dari kemaluan yang tidak normal. Cairan yang biasanya keluar dari kemaluan wanita biasanya disebut keputihan. Namun berbeda dengan keputihan, cairan tidak normal ini biasanya berwarna kehijauan bahkan keabuan dan juga berbusa.


• Nyeri Pada Kandung Kemih

Sakit atau nyeri pada kandung kemih merupakan salah satu gejala adanya penyakit infeksi menular seksual di dalam tubuh. Biasanya, rasa nyeri terjadi saat buang air kecil yang disertai dengan rasa perih, panas, dan anyang-anyangan.


• Bintik atau Benjol di Area Kemaluan

Bintik atau benjolan biasanya muncul di area yang terkait dengan aktivitas seksual, seperti daerah kemaluan, rongga mulut, dan dubur atau anus. Gejala timbulnya benjolan ini dapat berupa jengger ayam di sekitar dubur dan kemaluan. Sementara, area mulut akan terjadi pembesaran kelenjar getah bening atau bintik-bintik berisi cairan, seperti cacar air.

Diagnosis Tepat yang Bisa Dilakukan


Diagnosis yang dokter lakukan untuk penyakit infeksi menular seksual adalah dengan mengidentifikasi penyebab munculnya penyakit. Dokter juga akan menanyakan seputar riwayat kehidupan seksual Anda dan pasangan. Penangangan lanjutan yang dilakukan guna mendeteksi masalah, antara lain :

• Tes darah, dilakukan untuk memastikan diagnosis terkait adanya penyakit HIV atau tahap akhir penyakit sifilis.

• Tes urin, beguna untuk memastikan ada tidaknya infeksi menular seksual dalam tubuh dengan memeriksa beberapa sampel urin.

• Tes cairan, dilakukan untuk mendiagnosis jenis infeksi dengan memeriksa cairan yang keluar dari saluran uretra atau sampel luka di daerah kelamin.

Bagaimana Penanganan Penyakit IMS?


Penanganan tepat yang dapat dilakukan jika Anda menderita penyakit infeksi menular seksual adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Dokter biasanya akan memberikan beberapa obat-obatan yang berguna untuk mengurangi gejala akibat infeksi. Obat- obatan yang diberikan dapat berupa :

• Obat antibiotik, merupakan obat paling efektif dalam menyembuhkan penyakit infeksi menular seksual akibat bakteri dan parasit, termasuk sifilis, gonore, dan klamidia.

• Obat antivirus, merupakan salah satu obat yang digunakan untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi atau kekambuhan di kemudian hari.

Segera Konsultasikan Diri Anda dengan Klinik Utama Gracia

Konsultasikan segera dengan Klinik Utama Gracia mengenai penyakit infeksi menular seksual yang Anda derita. Klinik kesehatan khusus penyakit kelamin ini sudah terpercaya karena menggunakan peralatan medis yang canggih dan modern sehingga segala penyakit mengenai Ginekologi, Andrologi, dan Penyakit Kelamin dapat ditangani dengan mudah serta cepat.

Klinik ini juga menjadi pilihan banyak orang karena perawatannya dilakukan oleh tim medis dan dokter yang telah ahli serta berpengalaman di bidangnya. Anda dapat langsung menghubungi hotline Kami di nomor 081336361555 dan melakukan perawatan lebih spesifik dengan Klinik Utama Gracia. Penyakit akan semakin memburuk jika dibiarkan berada di dalam tubuh. Untuk perawatan lebih lanjut segera hubungi Klinik Utama Gracia.

Baca Juga : Awas, Inilah 4 Gejala Penyakit Sipilis Berdasarkan Fasenya

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.