Banyak yang mempertanyakan apa ejakulasi dini berbahaya terhadap kesehatan penderitanya. Sebagian besar penderita ejakulasi dini mengalami berbagai masalah pada psikologisnya. Psikologis yang terganggu ini dapat menjadi serius karena berisiko menimbulkan rasa kecewa pada pasangan dan membahayakan hubungan dalam jangka waktu yang panjang.

Ejakulasi dini merupakan kondisi dimana seorang pria mengalami ereksi sebelum waktu yang diharapkan atau tidak lama setelah penetrasi dilakukan. Setiap pria dipastikan pernah mengalami ejakulasi dini, seperti saat melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya. Namun jika ejakulasi dini terjadi secara berkelanjutan ketika berhubungan seksual, maka segera lakukan pemeriksaan guna mengetahui apa ejakulasi dini berbahaya.

Apa Saja Penyebab Ejakulasi Dini?


Penyakit ejakulasi dini dapat disebabkan karena memiliki kebiasaan sering masturbasi ketika masih muda. Hal ini dapat menyebabkan tingkat sensitivitas menjadi meningkat dan tidak bisa dikendalikan. Selain itu, faktor gen yang bersifat turunan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab munculnya penyakit ejakulasi dini ini. Beberapa faktor lain dari ejakulasi dini, antara lain.

• Faktor Psikologis

Ejakulasi dini lebih sering terjadi karena adanya faktor gangguan psikis dalam diri penderitanya. Pernah mengalami kekerasan secara seksual akan menjadi penyebab terbesar karena termasuk ke dalam pengalaman traumatis yang tidak bisa dilupakan. Beberapa faktor psikologis penyebab ejakulasi dini dapat berupa rasa stres, kecemasan berlebih, dan depresi berkepanjangan.

• Faktor Fisik

Selain masalah psikologis, ejakulasi dini juga dapat terjadi karena faktor fisik, seperti riwayat kesehatan yang dimiliki. Penyebab munculnya penyakit ejakulasi dini pada pria antara lain gangguan pada prostat, gangguan hormon tiroid, radang atau infeksi menular seksual, gangguan pada zat kimia di otak, serta gangguan di sistem reflek pengatur ejakulasi.

Baca Juga : Jenis Jenis Ejakulasi Dini Ini Jarang Diketahui Pria, Apa Sajakah Itu?

 

Beberapa Gejala dari Penyakit Ejakulasi Dini

Gejala utama ejakulasi dini adalah ketidakmampuan menunda ereksi setelah penetrasi dilakukan. Selain itu, gejala lain yang biasanya dirasakan penderita ejakulasi dini adalah merasa tidak puas setiap melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Karena itu, ejakulasi dini yang terjadi terus menerus akan menimbulkan berbagai bahaya dan komplikasi penyakit. Bahaya ejakulasi dini bagi kesehatan pada pria, antara lain :


• Disfungsi ereksi

Ejakulasi dini yang dibiarkan tanpa penanganan yang benar akan mengakibatkan kondisi yang lebih parah. Para pria biasanya cenderung memiliki ketakutan untuk mempertahankan ereksi sehingga secara tidak sadar menyebabkan masalah disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi adalah kondisi dimana seorang pria tidak mampu memulai atau mempertahankan ereksi.


• Kondisi kesehatan

Apa ejakulasi dini berbahaya pada kondisi kesehatan pria? Ejakulasi dini yang menimbulkan kecemasan berlebih dapat memicu munculnya penyakit kronis lain, seperti penyakit jantung. Jika Anda tidak segera menangani rasa cemas berlebih tersebut, maka akan menyebabkan perasaan ingin melakukan ejakulasi sebelum waktu yang seharusnya. Karena itu, konsultasi sangat membantu untuk melihat kondisi Anda dan mengetahui apa ejakulasi dini berbahaya.

Diagnosis Tepat untuk Penderita Ejakulasi Dini


Untuk mengetahui diagnosis secara tepat, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan pada riwayat kesehatan pasiennya, terutama pada kondisi psikologis pasiennya. Beberapa kasus ejakulasi dini pada pria terjadi karena memiliki riwayat gangguan kecemasan, stres atau depresi, dan pengalaman traumatis di masa lalu. Namun untuk memastikan apa ejakulasi dini berbahaya hingga menyebabkan komplikasi, berikut beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan :

• Tes darah, bertujuan untuk mengetahui kadar hormon testosteron dalam tubuh penderita ejakulasi dini.

• Tes urin, berguna untuk mengetahui apa ejakulasi dini berbahaya karena disebabkan oleh adanya infeksi di dalam tubuh.

Bagaimana Cara Menangani Ejakulasi Dini Pada Pria?

Penanganan ejakulasi dini dapat dilakukan baik secara mandiri atau melalui perawatan ke dokter. Namun, apa ejakulasi dini berbahaya bagi kesehatan? Sebelum bertambah parah, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan guna mencegah gejala semakin parah. Ejakulasi dini yang ditangani secara mandiri bisa dilakukan dengan menerapkan teknik pengambilan napas secara teratur.
 
Jika ejakulasi masih terus terjadi, cara terbaik adalah dengan berkonsultasi bersama dokter. Anda bisa memberi tahu gejala yang sering dirasakan dan bertanya apa ejakulasi berbahaya bagi kesehatan. Menjauhi rokok dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa Anda terapkan untuk mencegah munculnya ejakulasi dini.

Atasi Masalah Ejakulasi Dini dengan Klinik Utama Gracia


Lakukan penanganan ejakulasi dini secepatnya bersama Klinik Utama Gracia. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dengan dokter yang telah ahli dan berpengalaman di bidangnya. Perawatan akan didukung dengan berbagai peralatan yang sudah canggih dan modern. Segera hubungi staf medis Klinik Utama Gracia melalui hotline Kami 081336361555 untuk konsultasi lebih lanjut.

Klinik Utama Gracia berlokasi sangat strategis sehingga memudahkan pasien melakukan perawatan medis. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai penyakit Ginekologi, Andrologi, dan Penyakit Kelamin lainnya dengan dokter Kami. Untuk itu, segera lakukan penanganan di Klinik Utama Gracia untuk mengetahui apa ejakulasi dini berbahaya bagi kesehatan Anda.

Baca Juga : Cara Praktis Menyembuhkan Ejakulasi Dini Berat Agar Tak Dijauhi Istri

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.