Saat ini, impotensi tak hanya bisa dialami oleh pria dewasa tetapi juga impotensi usia muda pun bisa mengalaminya. Impotensi atau biasa disebut disfungsi ereksi merupakan kondisi ketika alat kelamin pria tidak mampu melakukan ereksi atau bertahan pada posisi ereksi. Keadaan ini akan sangat mengganggu saat berhubungan seksual dengan pasangan.

Masalah impotensi tidak selalu menyerang pria yang sudah berumur. Sebagian besar pria di bawah usia 40 tahun kini bisa mengalami masalah kesehatan seksual. Penyebab impotensi di usia muda sangat beragam, salah satunya karena kebiasaan atau gaya hidup yang semakin buruk. Jika dibiarkan, impotensi dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

Penyebab Impotensi Usia Muda


Ketidakmampuan seorang pria untuk memulai atau mempertahankan ereksi dapat disebabkan karena depresi, cemas, gangguan hormon, penyempitan pada pembuluh darah ke arah kelamin, dan luka pada kelamin pria. Penyebab impotensi yang diderita oleh pria muda biasanya berbeda, antara lain :

• Kebiasaan Merokok

Merokok dalam jangka panjang apalagi telah dilakukan sejak kecil dapat mempercepat seorang pria terserang penyakit impotensi usia muda. Timbunan nikotin dari rokok dalam tubuh dapat memicu aliran darah menjadi tidak lancar sehingga menyebabkan organ vital pria tidak mampu mencapai ereksi.

• Minum Minuman Beralkohol

Komunikasi antara otak dan tubuh akan terhambat karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Alkohol berperan sebagai depresan yang dapat mempengaruhi sistem kinerja saraf sehingga menyebabkan organ kelamin pria sulit mencapai ereksi. Hal ini mengakibatkan seseorang mudah terkena impotensi usia muda.

• Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi kinerja pembuluh darah dalam mengalirkan darah terutama ke organ vital. Untuk itu, hal ini dapat membuat aliran darah terhambat dan menyebabkan kelamin kesulitan mencapai ereksi.

• Menggunakan Produk Penumbuh Rambut

Obat penumbuh rambut dengan kandungan propecia yang digunakan dalam jangka panjang dapat mempengaruhi tingkat libido seorang pria. Hal ini mengakibatkna risiko terserang penyakit impotensi semakin meningkat.

Baca Juga : Disfungsi Ereksi Adalah Gangguan Seksual Pada Pria, Ini Cirinya

 

Tanda dan Gejala Penyakit Impotensi

Gejala paling umum yang dirasakan seorang pria penderita impotensi usia muda adalah sulitnya kelamin bertahan di posisi ereksi. Impotensi usia muda biasanya dialami oleh pasangan muda yang baru menikah. Seorang pria yang menderita impotensi usia muda akan kesulitan untuk mencapai ereksi meskipun organ kelamin sudah mendapatkan rangsangan.
 
Keadaan ini akan sangat mengecewakan dan menimbulkan dampak ketidakharmonisan hubungan dengan pasangan. Dampak buruk lain yang disebabkan oleh impotensi yakni menimbulkan gangguan psikologis. Selain itu, Anda juga akan mengalami krisis kepercayaan diri dan depresi karena merasa tidak bisa memuaskan pasangan.

Apa Saja Diagnosis untuk Penyakit Impotensi

Dokter biasanya akan mendiagnosis penyakit impotensi dengan menanyakan penyebab serta gejala yang dialami oleh penderita. Faktor penyebab bisa juga dikarenakan oleh gaya hidup dan riwayat penyakit yang pernah diderita oleh pasien. Impotensi yang disebabkan oleh kesehatan fisik biasanya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, seperti :
 
• Tes urin, dilakukan untuk mendeteksi adanya tanda-tanda diabetes.
• Tes darah, dilakukan untuk mengetahui kadar tertosteron, dan mendeteksi adanya penyakit jantung.
• Ultrasonografi (USG), dilakukan untuk mengetahui tingkat kelancaran aliran darah dalam tubuh.
• Elektrokardiogram (EKG), dilakukan untuk mendeteksi adanya gangguan pada jantung.

Pencegahan Impotensi Usia Muda


Impotensi usia muda dapat dicegah dengan mengubah pola gaya hidup menjadi lebih sehat. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk menjauhi faktor yang dapat memicu penyakit impotensi. Beberapa cara mencegah datangnya penyakit impotensi adalah sebagai berikut.

• Kurangi atau berhenti merokok.
• Tidak mengonsumsi alkohol dan obat terlarang.
• Lakukan diet untuk penderita obesitas.
• Menghindari faktor penyebab depresi.
• Menjaga hubungan baik dengan pasangan.

Bagaimana Penanganan Penyakit Impotensi?

Penyakit impotensi dapat ditangani jika sudah mengetahui faktor penyebabnya. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui analisis mengenai penyebab penyakit yang sedang dideria. Impotensi yang disebabkan karena obat-obatan tertentu biasanya akan ditangani oleh dokter ahli penyakit kelamin. Sementara itu, impotensi yang diakibatkan karena gangguan psikologis harus segera dilakukan pemerikasaan dengan dokter spesialis terkait, seperti psikolog.

Segera Konsultasikan Dengan Klinik Utama Gracia


Cara menangani penyakit impotensi usia muda adalah dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan di Klinik Utama Gracia. Klinik Utama Gracia merupakan salah satu klnik terbaik yang bergerak di bidang Ginekologi, Andrologi, dan Penyakit Kelamin. Klinik ini berlokasi sangat strategis dan dengan biaya penanganan yang terjangkau.

Klinik spesialis yang berada di Jakarta ini menggunakan teknologi yang canggih dan modern sehingga mampu menangani pasien dengan cepat dan tepat. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi tim medis Klinik Gracia utama di nomor 081336361555. Anda juga dapat mengonsultasikan penyakit kelamin lainnya langsung dengan dokter ahli di klinik kami dengan cara klik gambar dibawah ini.

Baca Juga : 3 Penyebab Disfungsi Ereksi Usia Muda dan Cara Mengobatinya


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.